Selasa, 29 September 2015

Kota di Indonesia yang Berpotensi Jadi Smart City

Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya alam yang melimpah dan keanekaragaman budaya, sehingga Indonesia memiliki keunikan di setiap wilayah Tanah Air.

Untuk mendorong kemajuan setiap daerah, wilayah Indonesia terutama kota-kota besar mulai membangun smart city agar masyarakat melek teknologi informasi dan komunikasi. Beberapa kesempatan yang lalu Microsoftmengheat simposium Kota Sekunder Pintar atau CityNext Summit. Menurut CityNext Summit, ada beberapa kota Indonesia yang berotensi besar menjadi Smart City. Lalu manakah kota-kota tersebut?

Menurut Dedy Permadi, peneliti National University of Singapore dan Universitas Gajah Mada mengungkapkan bahwa kota besar di Indonesia memiliki lebih dari 200.000 penduduk dan bukan merupakan kota satelit atau ibu kota negara. Dengan begitu jika dilakukan kebijakan yang tepat, kota-kota tersebut akan menjadi smart city dalam kurun waktu lima hingga limabelas tahun ke depan.

Saat ini, Dedy Permadi telah melakukan penelitian bersama National University of Singapore, UGM, dan Microsoft mengenai kota mana yang layak dijadikan Smart City. Menurut hasil penelitian tersebut terdapat 12 kota yang patut diajukan sebagai kandidat smart city.

Untuk wilayah Sumatera ada dua kota yang layakyaitu Medan dan Palembang, kemudian wilayah Jawa ada Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surakarta, dan Surabaya. Selain itu untuk wilayah Indonesia Timur adalah Samarinda, Makasar, Denpasar, Ambon, dan Jaypura.

baca juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar